Thursday, February 3, 2011

7 Keajaiban


TUJUH KEAJAIBAN

Seorang guru memberikan tugas kepada siswa-siswanya untuk menuliskan Tujuh Keajaiban Dunia.
Tepat sebelum kelas usai, siang itu, semua siswa diminta untuk mengumpulkan tugas mereka masing-masing.
Seorang gadis kecil yang paling pendiam di kelas itu, mengumpulkan tugasnya paling akhir dengan ragu-ragu. Tidak ada seorangpun yang memperhatikan hal itu

Malamnya sang guru memeriksa tugas siswa-siswanya itu. Sebagian besar siswa menulis demikian:
Tujuh Keajaiban Dunia:
1. Piramida
2. TajMahal
3. Tembok Besar Cina
4. Menara Pisa
5. Kuil Angkor
6. Menara Eiffel
7. Kuil Parthenon

Lembar demi lembar memuat hal yang hampir sama.
Beberapa perbedaan hanya terdapat pada urutan penulisan daftar tersebut.
Tapi guru itu terus memeriksa sampai lembar yang paling akhir
Tapi saat memeriksa lembar yang paling akhir itu, sang guru terdiam.

Lembar terakhir itu milik si gadis kecil pendiam
Isinya seperti ini: Tujuh Keajaiban Dunia:
1. Bisa melihat
2. Bisa mendengar
3. Bisa menyentuh
4. Bisa disayangi
5. Bisa merasakan
6. Bisa tertawa, dan
7. Bisa mencintai

Setelah duduk diam beberapa saat, sang guru menutup lembaran tugas siswa-siswanya..
Kemudian menundukkan kepalanya berdoa
Mengucap syukur untuk seorang gadis kecil pendiam di kelasnya, yg telah mengajarkannya sebuah pelajaran hebat.
Tidak perlu mencari sampai ke ujung bumi untuk menemukan keajaiban. Keajaiban itu ada di sekeliling kita untuk kita miliki
Bersyukurlah atas semua yg kita miliki hari ini.

-----------
Keajaiban bersyukur itu terjadi ketika kita mampu dengan kesungguhan hati
bersyukur kepada Allah atas segala karunia yang ada yang menjadi penyebab
langgengnya karunia yang Allah limpahkan untuk kita dan Allah dapat saja menarik nikmat yang telah diberikannya kepada kita karena kita mengingkari atas nikmatNya.

'Dan ingatlah tatkala TuhanMu mempermaklumkan, Sesungguhnya jika kamu bersyukur,pasti Aku tambah nikmatku kepadamu dan jika kamu mengingkari nikmatKu, makasesungguhnya adzabKu sangatlah pedih.' (QS. Ibrahim : 7).

Hidup ini mudah jika kita terbuka. Terbuka melihat hal-hal kecil di sekitar kita, terbuka menerima cobaan yang sedikit menghambat perjalanan kita, terbuka dalam berpikir begitu beruntungnya kita jika dibandingkan dengan orang lain, dan masih banyak lagi keterbukaan yang harus kita lakukan dalam menyikapi hidup

Dalam kondisi senang dan susah, sedih dan bahagia, tawa dan air mata semuanya
sama berartinya dalam hidup kita karena semuanya itu datangnya dari Allah.
Inilah yang disebut dengan keajaiban bersyukur.
Dalam keadaan apapun kita merasakan kedamaian hati, kita senantiasa menyadari hidup dan mati kita hanyalah untuk Allah semata.

'Kenalilah Allah ketika dalam keadaan senang, niscaya Dia mengenalimu ketika dalam keadaan susah.' (HR. Ahmad).

di salin dari note fb ayesha.

Monday, December 20, 2010

ayo timnas garuda


euforia timnas dalam piala aff kali ini terasa sangat berbeda dengan piala asia beberapa waktu lalu, dimana penonton dan pendukung dibuat kecewa dengan permainan yang 'tidak bagus" kalau mau dikatakan jelek. dipecundangi kamerun membuat penonton akhirnya ikut turun bermain dilapangan.

Tapi kali ini seluruh anak bangsa bangga akan perkembangan permainan para skuad garuda yang dalam penyisihan sampai menuju final yang akan dilaksanakan home away pada tanggal 26 di malaysia dan 29 di jakarta tidak pernah dikalahkan, bahkan dapat menekuk philipna yang diperkuat oleh 9 pemain naturalisasi.

menyaksikan pertandingan timnas dengan philipina kemarin terasa berbeda, yang pertama adalah seolah-olah timnas bermain dengan para pemain eropa karena sebagian pemain philipina berasal dari sana, kedua jumlah penonton yang hampir 85 ribu orang di stadion utama senayan memberikan spirit tersendiri dan kedasyatan dukungan untuk para skuad garuda bahkan memberikan daya setrum yang luar biasa, yang ketiga adalah bersama anakku yang memang menggemari bola dan bahkan bercita-cita sebagai pemain bola merupakan moment luar biasa yang bisa memberikan lecutan semangat dan totalitasnya untuk menggapai cita-citanya, ke-empat pastinya bersama teman-teman.

ayu timnas......kamu bisa!! buktikan bahwa kalian layak menyandang gelar THE WINNER PIALA AFF.

bravo...!!

Monday, December 13, 2010

Bulletin IQROnews

Catatan Ringan Direktur Sekolah.
8 Desember 2010

Alhamdulillah, Akhirnya bulletin IQRONews dapat terbit menginformasikan segala aktivitas Yayasan terutama dalam bidang pendidikan. Di era globalisasi saat ini, sekolah dituntut pula untuk menginformasikan segala bentuk aktivitas belajar mengajar agar dapat diketahui secara cepat oleh orang tua murid mengenai apa dan bagaimana kegiatan pembelajaran berlangsung serta maksud dan tujuan dari pembelajaran yang telah dituangkan kedalam kurikulum dan silabus sekolah dalam setiap tahun ajaran, sehingga dibutuhkan media informasi untuk mengabarkan hal tersebut, baik yang bersifat online (www.iqro.or.id) maupun yang bersifat manual, salah satunya adalah bulletin IQRONews ini.

IQROnews, diharapkan sebagai salah satu media yang akan secara rutin mengabarkan tentang aktivitas dan prestasi maupun hal-hal yang kami anggap perlu disampaikan kepada para orang tua murid agar apa yang berlangsung dalam aktivitas pembelajaran searah dan sejalan dengan visi dan misi kami. Dan juga mudah-mudahan IQRONews ini juga menjadi sarana untuk mengetahui perkembangan sekolah-sekolah yang berada di bawah yayasan IQRO’, baik yang berada di Pondok Gede, Pondok Melati maupun yang berada di Cibinong dan Sigli-Nanggro Aceh Darussalam.

Sekolah IQRO’ sangat menjunjung tinggi nilai-nilai ke-Islama-an dan sangat menghormati pengetahuan dan semangat terbuka untuk kemajuan. Keunggulan belajar dalam Islam adalah dasar dari program akademis yang ditujukan untuk melayani kebutuhan dunia modern tanpa mengorbankan nilai-nilai moral dan spiritual bagi para peserta didik. Karena iman Islam sebagai dasar pembentukan kepribadian muslim yang kafaah, maka visi dan misi sekolah kami adalah “menyiapkan peserta didik yang berkepribadian Islami, berfikir cerdas dan maju, berkemampuan fisik yang kuat dan trampil serta memiliki tanggung jawab social yang baik.

Sekolah-sekolah yang berada dibawah Yayasan IQRO’ menawarkan paket pendidikan yang komprehensif/terpadu dalam rangka mengimplementasikan visi dan misi tersebut, yang mencakup semua mata pelajaran akademis termasuk bahasa, matematika, ilmu social dan ilmu pengetahuan. Selain itu kurikulum kami juga menerapkan pembelajaran al-qur’an yang terintegrasi dengan lembaga tahfidz qur’an IQRO’, pendidikan jasmani, ketrampilan dan tekhnologi informasi serta penawaran program ekstrakurikuler yang menantang bagi para peserta didik untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan keteladanan dalam nilai-nilai ke-Islam-an.

Segenap pengurus Yayasan IQRO’ mengucapkan selamat atas terbitanya Buletein IQRONews dan terima kasih kepada tim media yang telah menuangkan segenap kemampuannya dalam rangka menyampaikan berita akan aktivitas sekolah, kami berharap dan berdoa semoga bulletin IQRONews ini bukan yang pertama dan terakhir serta dapat diapresiasi sebagai bentuk tali silaturahmi kepada para orang tua murid yang telah mengamanahkan pendidikan buah hati kepada kami. Semoga Allah menjaga kami semua untuk tetap istiqomah dalam da’wah pendidikan ini. Salam.

Wednesday, December 8, 2010

Manusia Berbicara Tentang Kita


email kedua dari sahabat di negeri jiran.

Assalamualaikum ikhwah dan akhawat sekalian,

Amal-amal kita tidak hanya dicatat oleh para malaikat kerana cerita-cerita dan kesan-kesan yang kita tinggalkan di dunia setelah kita mati adalah seperti cermin nilai dari perilaku kita selama kita hidup di dunia.

1. Alangkah indahnya, sebuah kematian yang mampu meninggalkan cerita-cerita baik pada keluarga kita.
2. Alangkah bahagianya, sebuah kematian yang meninggalkan jejak hidup yang menjadi pelajaran kebaikan bagi mereka yang masih menjalani kehidupan.
3. Alangkah gembiranya, bila kematian kita memberikan kesan dari amal-amal soleh yang bermanfaat untuk orang lain.

Di akhirat kelak, tidak ada sesuatu yang paling disesali oleh penghuni syurga kecuali penyesalan mereka terhadap waktu yang hilang di dunia tanpa diisi dengan amal soleh.


Oleh kerana itu, ketika ada seorang yang soleh ditanya :

"Kenapa engkau meletihkan jiwamu dalam beribadah?"

Ia menjawab :
"Aku ingin mengistirehatkan jiwaku."

Istirehat yang dimaksudkan adalah :

1. Istirehat di dunia dengan jiwa yang tenang setelah beribadah.
2. Istirehat di akhirat dengan memasuki kehidupan yang begitu mententeramkan dan menggembirakan.

Umur hidup ini, menurut Ibnul Jauzi rahimahullah tidak ada bezanya dengan tempat jual beli berbagai macam barangan.

1. Ada barang yang bagus.
2. Ada juga yang buruk.

Orang yang berakal pasti akan membeli barang yang bermutu meskipun harganya mahal kerana barang itu lebih mempunyai nilai dari barang yang buruk meskipun harganya murah.

"Orang yang tahu akan kemuliaan alam semesta mesti meraih sesuatu yang paling mulia yang ada di alam semesta ini dan sesuatu yang paling mahal nilainya di dunia ini adalah, mengenal Allah swt."

Demikian kata-kata lbnul Jauzi.

Seseorang yang mengenal Allah swt bererti ia mengetahui ke-Maha Besaran-Nya. Dalam masa yang sama ia juga mengetahui :

1. Kekerdilan dirinya.
2. Kelemahan dirinya.
3. Kebergantungan dirinya.

dengan Yang Maha Berkuasa.

Pengenalan yang seperti inilah yang boleh memunculkan kekuatan dan keteguhan dalam mengharungi gelombang kehidupan.

Tidak takut, tidak lemah dan tidak bergantung kepada sesiapapun kecuali Allah dan selama mana ia berada di jalan Allah, ia tidak akan senang, gembira dan sukacita kecuali bersama Allah swt.

Lihatlah perkataan Masruq, seorang mufassir yang juga sahabat Said bin Jubair yang pernah berkata :

"Tidak ada lagi yang lebih menyenangkan diriku dari meletakkan wajahku di tanah (sujud). Aku tidak pernah bersedih kerana sesuatu melebihi kesedihanku kerana tidak dapat bersujud kepada Allah." (kitab Siyar A’lam An Nubala’ karangan Az Zahabi).

1. Sujud adalah saat-saat seorang hamba yang paling dekat dengan Tuhannya.
2. Sujud merupakan tanda ketundukan dan kerendahan seorang hamba di hadapan Tuhannya.
3. Sujud juga menandakan kepasrahan, ketaatan, kerinduan dan kecintaan seorang hamba pada Tuhannya.

Keadaan-keadaan seperti itulah yang sangat didambakan oleh Masruq hingga tidak ada lagi kesedihan baginya kecuali jika ia tidak mampu melakukan sujud di hadapan Allah swt.

Itulah gambaran keyakinan yang tertanam kuat dalam jiwa orang-orang soleh, para pejuang dakwah Islam.

Ketundukan, kedekatan dan keyakinannya kepada Allah menjadikan tekad mereka seperti besi waja dan keberanian yang tidak pernah kenal takut.

1. Basahnya lidah mereka oleh zikir.
2. Larutnya hati mereka dalam kecintaan kepada Allah.
3. Tunduknya jiwa mereka pada keagungan Allah.

Semua itu memunculkan suatu keperibadian yang kuat dan teguh.

Setiap orang, dinilai tinggi rendahnya berdasarkan kekuatan, kualiti serta sifat istiqamahnya dalam beribadah kepada Allah swt.

Ianya bukan dinilai :

1. Dari kekayaan material / harta yang dimilikinya.
2. Oleh ibubapanya.
3. Dari rupa paras, ketampanan dan keindahan fizikalnya.

Ini adalah kerana, semua itu hanya fatamorgana yang hanya dapat dinikmati se saat.

Peribadi yang kuat dan teguh sentiasa muncul dari habitat kehidupan yang penuh dengan tentangan dan halangan,

bukan dari suasana kehidupan yang serba mudah, memanjakan dan melemahkan jiwa.

Mari kita lihat bagaimana penjelasan salah seorang anak dari Syaikh Ahmad Yasin rahimahullah, tokoh pejuang Palestin abad ini yang beberapa tahun lepas telah gugur oleh pesawat Israel.

"Ayah tidak mencintai dunia. Ia lebih mencintai rumah akhirat. Ramai orang yang menyarankan agar ayah mendiami rumah sebagaimana selayaknya seorang pemimpin.

Pemerintah Palestin juga pernah menawarkan sebuah rumah yang besar di perkampungan Gaza namun ayah menolak tawaran itu.

Ayahku lebih menginginkan akhirat sehingga ia tidak begitu memperhatikan perabot duniawi.

Ruangan rumahnya amat kecil yang hanya menempatkan tiga ruangan kecil. Tanpa siramik di lantai dan ruang dapur yang sudah rosak.

Bila musim sejuk tiba, keadaan rumah menjadi sangat sejuk. Sebaliknya bila musim panas datang, ruangan rumah terasa panas sekali.

Ayah tidak pernah berfikir untuk memperbaiki rumahnya. Sekali lagi, ia benar-benar sibuk mempersiapkan rumahnya di akhirat."

Itulah rahsia keteguhan Syaikh Ahmad Yasin.

RUMAH AKHIRAT.

Pernahkah terlintas di dalam hati kita tentang rumah itu?

Pernahkah kita merancang dan bermimpi untuk memiliki rumah yang indah di akhirat dan bukan di dunia?

Bagaimana kita membayangkan kesan akhir yang kita tinggalkan pada keluarga kita setelah kita berpisah dengan mereka di dunia?

1. Apakah menjadi kebanggaan mereka apa yang kita tinggalkan atau sebaliknya?
2. Apakah mereka juga akan berkata, kita lebih mencintai dan menginginkan rumah akhirat?

Syaikh Ahmad Yasin memberikan pelajaran besar bagi kita tentang keyakinannya kepada keputusan Allah swt.

Bahwa apa yang diputuskan oleh Allah tetap akan berlaku, walauapapun usaha yang kita lakukan.

Syaikh Ahmad Yasin juga memberi pendidikan secara langsung kepada sesiapapun, tentang batas apa yang mesti diberikan oleh seseorang yang menginginkan mati di jalan Allah swt.

Sekitar lima minit sebelum pesawat Israel ditembakkan ke arahnya yang sedang duduk di kerusi roda itu, seorang anaknya, Abdul Ghani sempat mengingatkannya untuk berhati-hati dengan mengatakan :

"Ayah, ada pesawat pembunuh di atas."

Apa jawaban Syaikh Ahmad Yasin ketika itu?

Dengan tenang ia menjawab :

"Ya, aku di sini juga sedang menanti pesawat pembunuh itu."

Sesungguhnya, tidak ada keraguan dan ketakutan sedikit pun di dalam hatinya.

Kita di sini, sedang :

1. Menanti detik demi detik kematian yang pasti menjemput.
2. Menunggu saat kita menarik nafas terakhir dan menghembuskannya lagi untuk yang terakhir.
3. Melambai udara dingin yang merayap dari hujung jemari kaki hingga ke bahagian kepala.
4. Menantikan saat mata tertutup dan tidak mampu terbuka lagi. Ketika badan terbujur dan tidak dapat bergerak lagi. Ketika kita masuk dalam keranda dan diangkat oleh anggota keluarga dan teman-teman kita.

Setelah itu semua,

Biarlah manusia berbicara tentang diri kita.

Ya Allah, kurniakanlah kesedaran yang hakiki ke dalam hati kami tentang rumah akhirat yang sepatutnya kami usahakan untuk mendapatkannya di dunia ini dan juga terhadap penantian yang pasti berlaku iaitu kematian yang akan menyentuh setiap yang bernyawa sehingga akhirnya habislah catatan kehidupan kami di dunia yang kemudiannya akan dinilai oleh manusia yang masih mendiami dunia ini.

Ameen Ya Rabbal Alameen

WAS

Monday, November 29, 2010

APPRASIAL PERFORMANCE

Mengapa penilain kinerja dibutuhkan?

Penilain kinerja menitik beratkan pada penilaian sebagai suatu proses pengukuran kerja dari setiap individu yang ada dalam suatu organisasi atau perusahaan dan bisa juga yayasan maupun sekolah. Berbagai macam pengukuran kinerja telah dibuat oleh lembaga-lembaga profesional. Menjadikan kami di yayasan iQRO’ tergerak untuk membuat suatu standar penilaian kinerja terutama untuk sumber daya yang ada di sekolah. Beberapa literatur menjadi sumber atau bahan ide untuk kami kembangkan dalam penilaian kinerja yang sesuai dengan kebutuhan kami sebagai lembaga pendidikan, baik penilain kinerja perusahaan bahkan sampai dengan standart sertifikasi profesi guru yang dikeluarkan oleh departemen pendidikan nasional.

Kami melihat bahwa sertifikasi guru menuntut setiap individu disekolah mempunyai portofolio sebagai rekam jejak dari kerja-kerja yang telah dilakukannya, sehingga persiapan untuk menjawab kebutuhan kedepan terutama untuk guru-guru yang mengajar disekolah swasta sangat dibutuhkan sistem administrasi dan bukti otentik yang bukan hanya mengejar sertifikat namun juga dapat dibuktikan dengan hasil kerjanya. Hal ini kemudian yang kami pandang perlu dilakukan disekolah kami sebagai bentuk pelayanan kami kepada para guru yang mempunyai kinerja luarbiasa agar pada saatnya nanti mengikuti proses sertifikasi telah siap dan dapat dipertanggung jawabkan.

Allah SWT berfirman dalam surat Az-Zumar : 39 yang artinya “katakanlah wahai kaumku, bekerjalah sesuai dengan keadaanmu, sesungguhnya AKU akan bekerja pula, maka kelak kamu akan mengetahui”.

Dalam surat Al-qashash ayat : 84 yaitu “barang siapa yang datang dengan membawa kebaikan, maka baginya pahala yang lebih baik dari kebaikan itu sendiri, dan barang siapa yang datang dengan membawa kejahatan, maka tidaklah diberi pembalasan kepada orang yang telah mengerjakan kejatan itu, melainkan seimbang dengan apa yang telah mereka kerjakan”.

Dalam hadits (H.R Bukhari dan Muslim dan Ibnu Abbas), “maka barang siapa yang bermaksud mengerjakan satu kebaikan dan tidak jadi dikerjakannya, Allah akan mencatat pahala pada sisiNYA satu kebaikan yang sempurna, kalau ia bermaksud mengerjakan kebaikan dan dikerjakan, maka Allah mencatat pahala dengan sepenuh kebaikan sampai tujuh ratus kali lipat, bahkan lipat ganda yang lebih banyak lagi”.

Ayat dalam qur’an tersebut dan hadits nabi, memberikan motivasi kepada kita untuk memberikan kinerja-kinerja yang terbaik. Kinerja adalah fungsi dari kemampuan atau ability, motivasi, kesempatan dan harapan. Artinya bahwa kinerja terbaik dilakukan dengan sepenuh kemampuan yang kita miliki dengan motivasi dan keinginan yang kuat dalam setiap kesempatan untuk dapat menghasilkan kerja-kerja terbaik kita yang akan memberikan kebaikan juga bagi orang lain atau bagi organisasi atau sekolah dimana kita berada didalamnya.

7 Komponen penilain kinerja
Penilain kinerja yang kami terapkan di yayasan iqro terdiri dari 7 komponen yang merupakan satu rangkaian rencana perbaikan dari penilain kenerja atas kerja-kerja yang telah dan akan dilakukan kedepannya, yaitu terdiri dari :
1. Tujuan penilain kinerja
2. Indikator penilaian kinerja
3. Kinerja yang diharapkan
4. Mengelaola kinerja yang diharapkan
5. Memperbaiki kinerja yang masih belum sesuai harapan
6. Data sebagai alat mengukur penilaian kinerja
7. Mempertahankan kinerja yang telah dilaksanakan sesuai harapan dan terus meningkatkannya.

Syarat berkualitasnya penilain kinerja
1. Input, merupakan langkah awal sebelum dilakukan penilaian kinerja, seperti :
a. Siapa yang dinilai dan siapa yang menilai (who)
b. Apa yang harus dinilai (what)
c. Mengapa perlu dilakukan penilain kinerja (why)
d. Kapan pelaksanaan kinerja dilakukan baik formal/informal (when)
e. Dimana penilain kinerja dilakukan (where)

2. Proses, merupakan rangkaian yang diperlukan dalam penilain kinerja, seperti :
a. Breifing, atau sosialisasi untuk menyampaikan dari tujuan, manfaat, indikator penilain kinerja, harapan yang ingin dicapai, aturan penilaian kinerja dan hasil penilain kinerja.
b. Tools atau alat yang diperlukan untuk melakukan penilain kinerja berupa kebijakan untuk setiap jenis kerja yang berbeda, kertas kerja penilaian atau dokumen yang dibutuhkan, penilai yang telah diberikan pembekalan dan mempunyai ketrampilan sesuai dengan indikator penilain kinerja agar dapat dipertanggung jawabkan dan meminimalisr terjadinya bias.

3. Output atau hasil dari penilain kinerja yang telah dilaksanakan, seperti :
a. Perlu adanya penjelasan tentang hasil penilain kinerja seperti manfaatnya, dampak atau resikonya, serta tindak lanjut dari rekomendasi penilaian, baik berupa treatment, punisment maupun reward serta
b. Berdampang langsung terhadap refleksi kinerja sekolah atau yayasan secara keseluruhan.

Kegunaan Penilain kinerja
Kegunaan dari penilain kinerja itu sendiri adalah :
- Perbaikan kinerja
- Penyesuaian kompensasi
- Pengambilan keputusan
- Perencanaan dan pengembangan karir
- Mengatasi kesalahan penempatan sdm
- Mengatasi kesalahan informasi
- Mengatasi kesalahan merancang pekerjaan/jobdesk
- Menjamin kesempatan yang sama
- Menghadapi tantangan eksternal
- Umpan balik bagi guru dan staf.

Manfaat penilain kinerja bagi sekolah
- Komunikasi menjadi efektif mengenai tujuan sekolah dan budaya sekolah sebagaimana visi dan misi sekolah atau yayasan
- Meningkatan rasa kebersamaan dan loyalitas
- Meningkatkan pandangan secara luas menyangkut tugas yang dilakukan oleh guru dan staf atau sdm pada umumnya
- Meningkatkan kualitas komunikasi
- Meningkatkan harmonisasi hubungan dalam mencapai tujuan sekolah
- Untuk mengenali lebih jelas pelatihan dan pengembangan yang dibutuhkan serta permasalahannya
- Sebagai sarana penyampaian informasi berbasis data bahwa guru dan staf serta sdm pada umumnya dihargai oleh sekolah atau yayasan dan juga sebagai alat promosi.

Manfaat bagi guru dan staf serta sdm pada umumnya
- Meningkatkan motivasi
- Meningkatkan kepuasan kerja
- Kejelasan hasil standar yang diharapkan
- Umpan balik yang akurat dan konstruktif
- Pengetahuan tentang kekuatan dan kelemahan diri
- Kesempatan untuk berkomunikasi keatas
- Kesempatan mendiskusikan permasalahan
- Pandangan lebih jelas tentang konteks pekerjaan
- Kesempatan untuk mendapatkan bimbingan, dorongan dan pelatihan yang dibutuhkan.

Dalam penilain kenerja yang diterapkan oleh kami di yayasan iqro, kami membagi dalam 3 komponen penilain secara garis besar yang terdiri dari beberapa indikator, yaitu (A). Tugas Pokok, mendeskripsikan setiap tugas dan fungsi sdm yang ada dalam lembaga secara jelas, (B). Pengembangan Profesi, mendeskripsikan secara jelas kebutuhan dan capaian yang telah dilakukan dan (C). Penilaian atasan, mendeskripsikan beberapa indikator yang dilakukan penilaian atas dasar kewenagan jabatan yang diamanahkan kepada para pimpinan untuk dapat men-direct semua sdm yang ada dibawah tanggung jawabnya, seperti tanggung jawab, kedisiplinan, keteladanan dan inisiatif kerja.
Kami berharap apa yang kami kerjakan dapat memberikan efek kebaikan bagi yayasan, sekolah dan segenap aktivis da’wah pendidikan yang ada didalamnya. Namun kami menyadari hal ini masih jauh dari sempurna dan diperlukan masukan dan arahan serta partisipasi dari semua elemen yang ada di yayasan IQRO agar terus terjadi dinamisasi dan perubahan kearah yang lebih baik dan dirasakan oleh peserta didik maupun orangtua siswa.

Alhamdulillah, sejak tahun 2009 tepatnya pada bulan September, yayasan IQRO’ telah menerapkan penilain kinerja untuk mengukur kinerja guru dan karyawan. Memang penerapannya belum serentak disemua lembaga yang berada di bawah yayasan, namun secara bertahap sampai dengan akhir tahun 2010 ini seluruh lembaga pendidikan yakni TKIT/SDIT/SMPIT dan SDU IQRO’ Aceh telah menerapkan dan menjalankannya. Kami mengucapkan terimakasih kepada tim penilain kinerja yang telah bekerja dengan penuh dedikasi dan semangat, yaitu kepada :
- Ibu leli lathifah (staf bph dan mantan kepala sekolah TKIT IQRO’)
- Bapak Asmali Bunyamin (staf bph dan mantan kepala sekolah SDIT IQRO’).
- Bapak Suroto (staf bph dan mantan kepala sekolah SMPIT IQRO’)
- Ibu Anggerina Nutriana (konsultan pendidikan Yayasan IQRO’).

Monday, November 22, 2010

10 Negara Paling Gampang Berbisnis di Dunia



10 Negara Paling Gampang Berbisnis di Dunia
Dua dari sepuluh posisi teratas adalah negara Asia, yakni Singapura dan Hong Kong.

VIVAnews - Bank Dunia pada November ini kembali merilis hasil survei peringkat 184 negara terkait dengan kemudahan untuk menjalankan bisnis (doing business 2011).

Pemeringkatan berdasarkan hasil survei rutin tahunan ini mengacu pada sejumlah indikator yang digunakan untuk menentukan kemudahan berbisnis di satu negara.

Indikator yang dipakai tersebut di antaranya adalah izin mengawali usaha, persyaratan izin mendirikan bangunan, pendaftaran properti, kemudahan mendapatkan kredit, perlindungan bagi investor, kemudahan pembayaran pajak dan lainnya.

Dari hasil survei tersebut, secara global, menjalankan bisnis paling mudah masih didominasi oleh negara-negara maju dengan pendapatan per kapita masyarakat yang tinggi, khusus negara-negara anggota Organisasi Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (OECD). Sedangkan, negara-negara paling berbelit-belit untuk berbisnis banyak terjadi di kawasan Sub Sahara Afrika dan Asia Selatan.

Dari 184 negara tersebut, 10 posisi teratas tidak banyak berubah, masih ditempati oleh negara-negara maju. Bahkan, di antara 25 posisi teratas, 18 negara telah membuat langkah-langkah yang semakin mempermudah bagi investor untuk membuka usaha.

Dua dari sepuluh posisi teratas adalah negara Asia, yakni Singapura dan Hong Kong. Singapura, bahkan masih menempati posisi teratas sebagai negara yang paling mudah untuk menjalankan bisnis.

Peringkat 10 Negara Paling Mudah Berbisnis
1. Singapura
2. Hong Kong
3. Selandia Baru
4. Inggris
5. Amerika Serikat
6. Denmark
7. Kanada
8. Norwegia
9. Irlandia
10. Australia

Swedia paling banyak melakukan perombakan dalam kemudahan berusaha sehingga peringkatnya meningkat dari posisi 18 ke 14. Negara ini menurunkan persyaratan modal minimum untuk memulai usaha, dan memperkuat perlindungan bagi investor dengan cara meningkatkan persyaratan keterbukaan perusahaan serta memperbaiki aturan soal persetujuan transaksi antara sejumlah pihak.

Di sejumlah negara maju, sistem online atau e-government sudah menjadi bagian penting dalam memberikan kemudahan berbisnis. Singapura dan Hong Kong menerapkan layanan satu atap untuk berbisnis melalui perizinan yang efisien secara online, bahkan sudah dijalankan sejak 2008. Denmark baru saja memperkenalkan pendaftaran kepemilikan tanah secara online.

Jerman dan Singapura merupakan negara yang paling cepat dalam memproses perizinan bagi usaha kecil. Bahkan, proses perizinan untuk memulai bisnis di Singapura cukup 3 hari saja.

sumber: Bank Dunia

Wednesday, November 3, 2010

Sigli......

bertugas ke sigli ada kerinduan sekaligus keingin untuk cepat selesai....entah kenapa kali ini mungkin tugas terlama yang saya jalani di sigli, yaitu 5 hari dari biasanya satu atau bahkan 3 hari.

Perjalan menuju sigli awalnya memang tidak sesuai harapan dikarenakan delay pesawat yang sangat lama dan akhirnya berganti pesawat agar waktu yang tersisa benar2 efektif.

Penerbangan dengan JT174 on schedule dan sampai diaceh pukul 11.15 dan jemputan sudah menunggu dipintu kedatangan dengan avanza hitam bersama pak husaini. sepanjang perjalanan kami membicarakan banyak hal, mulai dari pekerjaan, keluarga bahkan rencana-rencana kedepan yang akan kami jalani. tidak terasa sampai di sigli lebih cepat dari biasanya yang menghabiskan masa perjalan lebih dari 2 jam kali ini 2 jam tepat.

sigli adalah kota disalah satu kabupaten pidie........(kok mau makan dulu ya.....)