Tuesday, February 15, 2011

Memilih sekolah untuk buah hati (part 1).

Tahun ajaran baru 2011/2012 sudah menjelang. Saatnya ayah bunda bersiap-siap memilih sekolah untuk buah hati, beragam sekolah menawarkan konsep pendidikan yang beraneka ragam, namun satu hal bahwa pendidikan untuk buah hati adalah pendidikan yang sesuai dengan fitrahnya.

Memilih sekolah untuk buah hati dibawah usia enam tahun terkesan susah-susah gampang, namun sekolah untuk buah hati usia dini bukanlah sekolah yang “serius”, tapi bagaimana fitrah buah hati tersalurkan dalam pendidikan formal dengan pola pendekatan yang mewujudkan dunia bermain dan keingintahuannya yang besar.

Yayasan IQRO’ saat ini mengelola tiga lembaga pendidikan yaitu TKIT, SDIT dan SMPIT. Taman Kanak Kanak Islam Terpadu IQRO’ yang telah berpengalaman selama 17 tahun, terus melakukan pengembangan terhadap apa yang menjadi fitrah buah hati melalui pendekatan pendidikan yang diajarkan dalam aktivitas sekolah. TKIT IQRO’ berusaha menjadi fasilitator dalam menstimulasi perkembangan buah hati baik fisik (motorik kasar dan halus), mental (kognitif), emosi, social, spiritual maupun perkembangan berbahasanya.

Banyak factor yang menjadi pertimbangan ayah bunda dalam memilih sekolah (biaya, lokasi, sarana dan prasarana), namun yang paling utama adalah melihat bagaimana “unconditional love” yang dimiliki oleh guru-gurunya, dengan pengalaman yang telah sekian lama, guru-guru TKIT IQRO’ dapat menerima setiap buah hati apa adanya dan mengembangkan lingkungan pendidikan yang berkualitas, selalu berusaha untuk mengerti buah hati dan mendorong buah hati untuk bisa dan bangga dengan kemampuannya.

Saat ini, pendekatan yang dilakukan dalam pengajaran di TKIT IQRO’ adalah melalui experiential learning, yaitu memberikan stimulasi kepada buah hati melalui pengalaman bermain dan bereksplorasi terhadap dunia disekitarnya dan active learning, yaitu melatih buah hati untuk selalu kreatif dalam menciptakan kreasi dari benda-benda disekitarnya. Kedua pendekatan tersebut diaplikasikan dalam pengajaran melalui 5 sentra, yaitu :balok, persiapan, eksplorasi, drama dan seni, yang diharapkan dapat mendorong kemandirian buah hati dan mengembangkan kemampuan social maupun kematangan emosinya dengan berlandaskan pada nilai-nilai keislaman yang tertuang dalam kurikulum sebagaimana yang telah ditetapkan dalam student profil yang berkelanjutan di lembaga pendidikan Yayasan IQRO’.

Student profile, atau profile anak didik didalam lembaga pendidikan Yayasan IQRO’ adalah para buah hati yang kami harapkan dan kami bimbing untuk memiliki karakter sebagai berikut :
1. Salimul Aqidah (Aqidah yang bersih)
2. Shohihul Ibadah (Ibadah yang benar)
3. Mati’nul Khuluq (berakhlaq yang kokoh)
4. Qowiyul Jismi (berbadan sehat/kuat)
5. Mutsaqoful Fikr (Pemikiran yang berwawasan)
6. Qodirun ala Kasbi (Mampu berusaha/Mandiri)
7. Munazam fi Su’uni (Rapih dalam segala urusan)
8. Haritsun ala Waqtihi (Disiplin dalam waktu)
9. Mujahidun Linafsih (Bersemangat tinggi)

1 comment:

  1. wah .. nice post... lumayan nambah ilmu plus dapet info... kunjungi blog saya ya pa syam...

    ReplyDelete